• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

PESPARAWI MAHASISWA

Pesta Paduan Suara Gerejawi (PESPARAWI) Mahasiswa Nasional merupakan salah satu program Direkt...

PEKAN SENI MAHASISWA NASIONAL (PEKSIMINAS)

Peksiminas merupakan puncak kegiatan kemahasiswaan di bidang pengembangan bakat dan minat maha...

Mahasiswa Indonesia (Universitas Pattimura) Raih 'Global Emerging Youth Leaders'

Mahasiswa Indonesia ikut menjadi salah seorang penerima anugerah tahunan “Global Emerging Youth L...

Update Pengumuman Calon Peserta PIMNAS Ke 29 Tahun 2016

PIMNAS adalah singkatan dari Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional. PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasio...

  • PESPARAWI MAHASISWA

    Friday, 16 January 2015 07:51
  • PEKAN SENI MAHASISWA NASIONAL (PEKSIMINAS)

    Friday, 16 January 2015 07:56
  • Mahasiswa Indonesia (Universitas Pattimura) Raih 'Global Emerging Youth Leaders'

    Wednesday, 27 April 2016 01:27
  • Update Pengumuman Calon Peserta PIMNAS Ke 29 Tahun 2016

    Thursday, 04 August 2016 01:20
  • Pelatihan Penulisan Proposal PKM 2016

    Wednesday, 24 August 2016 01:30
Home Minat & Penalaran Update Pengumuman Calon Peserta PIMNAS Ke 29 Tahun 2016

Update Pengumuman Calon Peserta PIMNAS Ke 29 Tahun 2016

E-mail Print PDF

PIMNAS adalah singkatan dari Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional. PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) itu merupakan sebuah ajang kompetisi karya kreatif mahasiswa Diploma dan S1 tingkat nasional yang diadakan oleh Dikti, dimana dalam ajang ini akan bertanding bermacam mahasiswa, dari bermacam jurusan, dan bermacam penjuru Indonesia. Jadi bisa dibilang ini adalah ajang paling bergengsinya para mahasiswa. Di ajang ini Mahasiswa bisa bersaing dengan mahasiswa se-Indonesia dan keeksisan universitas kamu teruji di ajang ini.

Dalam PIMNAS yang diperlombakan adalah proposal kegiatan yang dibuat oleh Mahasiswa sesuai topik yang ada. Jadi tidak selalu membuat penelitian. Nantinya peserta PIMNAS akan dibiayain oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) atas program yang sesuai dengan proposal yang diajukan (lombakan) itu.

Setiap periode tertentu, peserta akan dimintai laporan pertanggung jawaban atas aktivitas apa saja yang telah dilakukan dan detail dana yang telah digunakan. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya penyalahgunaan dana.

Topik kegiatan PIMNAS itu merupakan jenis dari PKM. Berikut penjelasan selengkapnya :
PKM Pengabdian Masyarakat (PKM-M)
PKM Penelitian (PKM-P)
PKM Kewirausahaan (PKM-K)
PKM Teknologi (PKM-T)
PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT)
PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI)

PKM-M
Inti kegiatan yakni program kreativitas mahasiswa yang membantu masyarakat. Program yang diajukan yakni berupa program bantuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam upaya peningkatan kinerja, membangun keterampilan usaha, penataan dan perbaikan linkungan, penguatan kelembagaan masyarakat, dsb. Contoh judulnya yakni “Orang Tua Cerdas Bertelevisi: Pembekalan Kemampuan Memilih Tayangan yang Tepat untuk Anak-anak”.

PKM-P
Inti kegiatan yakni program kreativitas mahasiswa yang berupa penelitian. Penelitian bisa berlatar belakang sains atau sosial. Contoh judulnya yakni “Sintesis Komposit TiO2 – Zeolit Alam – Karbon Aktif untuk Disinfeksi E.Coli dan Oksidasi Fenol Serta Reduksi Cr(VI) pada Penyediaan Air Minum”.
PKM-K
Inti kegiatan yakni program kreativitas mahasiswa yang menghasilkan produk komersial. Contoh judulnya yakni “Baticube: Batik Modifikasi sebagai Refleksi Inovasi Batik Indonesia”
PKM-T
Inti kegiatan yakni program kreativitas mahasiswa yang menghasilkan teknologi. Teknologi yang diciptakan ini berguna bagi suatu mitra atau institusi tertentu. Contoh judulnya yakni “Sitrum: Sistem Informasi Rute Transportasi Umum”
PKM-GT
Inti kegiatan yakni program kegiatan mahasiswa yang membantu permasalahan bangsa berupa gagasan tertulis. Kalau kelima program sebelumnya direalisasikan dengan alokasi dana dan waktu tertentu dan jelas, kalau program ini masih berupa gagasan atau usulan. Contoh judulnya yakni “Langkah Strategis dalam Mengentaskan Kemiskinan Melalui Optimalisasi Keunggulan Lokal”
PKM-AI
PKM AI itu artikel ilmiah yang bersumber dari kegiatan mahasiswa dalam pendidikan, penelitian, atau pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukannya sendiri.

Secara umum ada 3 tahapan dalam PIMNAS. Tahap pertama yakni seleksi proposal PKM. Jika proposal lolos tahap ini, program akan disetujui dan didanai oleh pihak Dikti. Setelah itu ada tahap Monitoring dan Evaluasi (MonEv). Biasanya dilakukan 4-5 bulan setelah program proposal disetujui atau didanai. Jika peserta lolos tahap Monev, maka akan masuk dalam kategori finalis PIMNAS, sebagai ajang paling bergengsi bagi para peserta. Dalam tahap ini, peserta akan bertanding lagi dengan finalis lainnya untuk memperebutkan juara emas, perak, dan perunggu. Nantinya setiap emas, perak, dan perunggu akan dihitung per universitas. Yang paling banyak mengumpulkan poin dari piala yang dieroleh, berhak mendapatkan predikat sebagai juara umum PIMNAS. Klik Untuk melihat Update Pengumunan Calon Peserta.

Last Updated on Thursday, 04 August 2016 01:51  

Online Friends

Friends Online max min

Powered by EvNix
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday52
mod_vvisit_counterYesterday196
mod_vvisit_counterThis week270
mod_vvisit_counterLast week832
mod_vvisit_counterThis month2467
mod_vvisit_counterLast month2717
mod_vvisit_counterAll days61814

We have: 20 guests online
Your IP: 54.161.200.170
 , 
Today: Jan 24, 2017

Teknologi

ANTARA News - Teknologi - Sains
News And Service
  • Spesies baru ngengat kecil dinamai Donald Trump
    Jakarta (ANTARA News- Satu ngengat kecil dengan sisik berwarna putih kekuningan pada sebagian kepalanya dinamai Donald Trump, presiden terpilih Amerika Serikat yang akan dilantik pada 20 Januari, sebagai penghormatan terhadap ...
  • Mahasiswa UI teliti kulit kambing cangkang kapsul
    Mahasiswa Program Doktoral Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (UI) Zilhadia mengembangkan penelitian terkait gelatin kulit kambing Etawa untuk cangkang kapsul obat. "Kambing Etawa dapat menjadi sumber gelatin yang baik ...
  • Siswa Ngawen kembangkan "Safety Riding Kit S2-HK"
    Guru dan siswa SMK Negeri 1 Ngawen di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengembangkan aplikasi "Safety Riding Kit S2-HK" berbasis mikrokontroler arduino nano yang berfungsi mengamankan kendaraan dan ...
  • Jepang tunda peluncuran roket karena cuaca buruk
    Badan Antariksa Jepang (JAXA) menunda peluncuran roket eksperimental karena kondisi cuaca buruk pada Rabu. Roket modifikasi SS-520 akan mejadi roket terkecil di dunia yang menempati objek dalam orbit, rencananya diluncurkan ...